Bimbingan Teknis Peningkatan Kepemilikan Akta Kelahiran Melalui Dukcapil Go Digital

Dinas Kependudukan , Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Provinsi Bali, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dengan Tema “Peningkatan Kepemilikan Akta Kelahiran Melalui Dukcapil Go Digital” yang diselenggarakan pada tanggal 22 s.d 23 Mei 2019 bertempat di Ruang Rapat Cempaka Kantor Bappeda Litbang Provinsi Bali, Jl. Cok Agung Tresna Denpasar. Bimtek dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Bali berharap dengan adanya Bimtek ini nantinya dapat meningkatkan kemampuan peserta agar lebih profesional dan beritegritas dalam penerapan Dukcapil Go Digital khusus akta kelahiran online dalam upaya peningkatan dan percepatan kepemilikan akta kelahiran bagi setiap penduduk Provinsi Bali.

Dalam Bimtek “Peningkatan Kepemilikan Akta Kelahiran Melalui Dukcapil Go Digital ” ini mendatangkan 2 Narasumber dari Kementrian Dalam Negeri RI . Hari Pertama oleh Kepala Subdit Fasilitasi Pencatatan Kelahiran dan Kematian Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Zakaria, SH.M.Si. Hari kedua oleh Direktur PIAK Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Drs. A.S. Tavipiyono, MM,MA. dan Oleh Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana Provinsi Bali I G.A.K. Kartika Jaya Seputra, SH.MH.

Tujuan diselenggarakannya Bimtek ini :

  1. Meningkatkan pemahaman Pejabat Administrator (Kepala Bidang), Pejabat Pengawas (Kepala Seksi) dan operator dalam rangka peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran
  2. Upaya meningkatkan sumber daya Aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang profesional dan berintegritas .
  3. Memantapkan tata kelola pelaksanaan pencatatan akta kelahiran 0-18 tahun melalui teknologi digital ; dan
  4. Penyamaan persepsi Aparatur Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Bali dalam memberikan pelayanan Pencatatan Sipil dan mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi.

Peserta Bimtek berjumlah 50 orang peserta dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Bali dari unsur Kepala Bidang Pencatatan Sipil , Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Kepala Seksi Kelahiran dan Operator. (Ab)