Unit Kerja 2

Sekretaris

  • Menyelenggarakan pengkajian program kerja Sekretariat dan Dinas;
  • Memimpin seluruh kegiatan Sekretariat;
  • Membimbing dan memberi petunjuk kepada bawahan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  • Menilai prestasi kerja bawahan;
  • Menyelenggarakan koordinasi dan menghimpun bahan kebijakan teknis di bidang kependudukan, pencatatan sipil dan keluarga berencana, yang dilaksanakan oleh Bidang-Bidang;
  • Menyelenggarakan perencanaan dan pelaporan;
  • Menyelenggarakan pelayanan administrasi keuanganmeliputi penganggaran, penatausahaan, serta pengelolaansistem akuntansi dan pelaporan keuangan Dinas;
  • Menyelenggarakan pelayanan administrasi kepegawaian meliputi pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompetensi, pembinaan disiplin, kesejahteraan pegawai serta pensiun pegawai Dinas;
  • Mengkoordinasikan kajian dan pelaksanaan analisis jabatan dan pengukuran beban kerja;
  • Menyelenggarakan pelayanan administrasi umum meliputi ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang/aset, kehumasan, pengelolaan dan pelayanan sistem informasi, keprotokolan serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan Dinas;
  • Menyelenggarakan pengkajian bahan penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan Dinas;
  • Menyelenggarakan koordinasi penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundangundangan lingkup Dinas;
  • Menyelenggarakan pengumpulan dan pengolahan bahan Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Strategis (RENSTRA), Rencana Kerja (RENJA), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Perjanjian Kinerja, serta Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP), Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ), dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) lingkup Dinas;
  • Menyelenggarakan koordinasi dan mengolah bahan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  • Menyelenggarakan koordinasi dan pengkajian bahan verifikasi, bahan rekomendasi dan pemantauan terhadap permohonan dan realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial di bidang kependudukan, pencatatan sipil dan keluarga berencana;
  • Melakukan kerjasama/kemitraan dengan pihak terkait;
  • Menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  • Menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan Sekretariat dan Dinas;
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku; dan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas.

Kepala Bidang Fasilitasi Pendaftaran Penduduk

  • Menyusun rencana dan program kerja Bidang;
  • Mengkoordinasikan program kerja masing-masing Seksi;
  • Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
  • Membimbing dan memberi petunjuk kepada Kepala Seksi dan bawahan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  • Menilai prestasi kerja bawahan;
  • Mengkoordinasikan penyusunan anggaran/pembiayaan kegiatan pada Bidang untuk disampaikan kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris;
  • Mengkoordinasikan hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan di Bidang setiap : bulan, triwulan, semester dan tahunan untuk disampaikan kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris;
  • Mengumpulkan, menyajikan data dan bahan dalam rangka mempersiapkan ketentuan dan petunjuk tentang pengelolaan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil skala provinsi;
  • Melakukan analisa permasalahan yang berhubungan dengan pembinaan administrasi;
  • Melaksanakan pembinaan, sosialisasi, bimbingan, supervisi, konsultasi penyelenggaraan Sistem Administrasi Kependudukan (SAK) skala provinsi;
  • Menyusun ketentuan dan petunjuk bidang administrasi kependudukan;
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku; dan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

Kepala Bidang Fasilitasi Pencatatan Sipil

  • Menyusun rencana dan program kerja Bidang;
  • Mengkoordinasikan program kerja masing-masing Seksi;
  • Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
  • Membimbing dan memberi petunjuk kepada Kepala Seksi dan bawahan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  • Menilai prestasi kerja bawahan;
  • Mengkoordinasikan penyusunan anggaran/pembiayaan kegiatan pada Bidang untuk disampaikan kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris;
  • Mengkoordinasikan hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan di Bidang setiap : bulan, triwulan, semester dan tahunan untuk disampaikan kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.
  • Menyiapkan instrumen pendataan dan evaluasi penyelenggaraan fasilitasi pencatatan sipil;
  • Melaksanakan pendataan dan evaluasi penyelenggaraan fasilitasi pencatatan sipil;
  • Menyusun, mengolah dan menganalisa data dan informasi di bidang pencatatan sipil;
  • Menyusun, mengolah, merumuskan dan menganalisa kegiatan penyelenggaraan fasilitasi pencatatan sipil;
  • Melakukan analisa permasalahan yang berhubungan dengan pembinaan catatan sipil serta mempersiapkan bahan dan data analisis dalam rangka perumusan kebijakan pencatatan sipil;
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku; dan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

Kepala Bidang Fasilitasi Keluarga Berencana

  • Menyusun rencana dan program kerja Bidang;
  • Mengkoordinasikan program kerja masing-masing Seksi;
  • Mengkoordinasikan para Kepala Seksi;
  • Membimbing dan memberi petunjuk kepada Kepala Seksi dan bawahan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  • Menilai prestasi kerja bawahan;
  • Mengkoordinasikan penyusunan anggaran/pembiayaan kegiatan pada Bidang untuk disampaikan kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris;
  • Mengkoordinasikan hasil monitoring, evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan di Bidang setiap : bulan, triwulan, semester dan tahunan untuk disampaikan kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris;
  • Merumuskan kebijakan dan koordinasi penyusunan program keluarga berencana skala provinsi;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan sosialisasi kegiatan keluarga berencana;
  • Mengkoordinasikan penyelenggaraan dan pengawasan atas pelayanan keluarga berencana;
  • Menyusun, mengolah, menganalisa dan menyajikan data dan informasi di bidang keluarga berencana;
  • Merencanakan dan menyusun kerja sama kegiatan supervisi, penyuluhan serta pemberian bimbingan dan konsultasi pelaksanaan pelayanan keluarga berencana;
  • Merumuskan instrumen dan melaksanakan monitoring, evaluasi dan dokumentasi penyelenggaraan keluarga berencana;
  • Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintah;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang ditugaskan oleh atasan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku; dan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.